Home » , , » Macam macam dan jenis Haji

Macam macam dan jenis Haji

Written By Unknown on Rabu, 03 April 2013 | 00.03

Macam dan Jenis Ibadah Haji


TravelHajiKhusus pada pembahasan lalu telah menguraikan tentang istilah dan definisi Haji. Kali ini supaya lebih jelasnya kita lanjutkan mengupas pengetahuan haji mengenai macam-macam Haji. Hal ini wajib dipahami oleh setiap calon jamaah haji yang akan menyempurnakan rukun islam yang kelima.
Apa saja macam2 Haji? ada sebagian yang beranggapan macam-macam dan jenis haji adalah Haji Plus dan Haji Reguler. bukan itu, namun akan dijelaskan macam-macam beserta pengertian macam-macamnya dibawah ini : 
1. Haji Ifrad
Adalah melaksanakan ibadah haji terlebih dahulu kemudian umrah dalam waktu berbeda tetapi dalam satu musim haji, artinya ibadah haji dilakukan terlebih dahulu, selanjutnya melakukan umrah dalam satu musim haji.
2. Haji Tamattu’
Adalah melaksanakan umrah terlebih dahulu dan setelah selesai baru melaksanakan haji. Banyak jamaah haji yang memilih haji Tamattu’ karena relative lebih murah.
3. Haji Qiran
Adalah melaksanakan ibadah haji dan umrah secara bersamaan. Dengan cara ini seluruh pelaksanaan umrah tercakup dalam pelaksanaan haji.
Demikian pemahaman mengenai macam-macam beserta jenis Haji. Biasanya cara dan jenis Haji yang digunakan oleh orang indonesia adalah Haji Tamattu', sehingga harus mengeluarkan DAM atau terkena denda karena mendahulukan ibadah umrah dahulu baru haji. alasannya karena lebih ringan dan murah meriah.

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts