Home » , , » mengenai Rangkaian Kegiatan Umroh

mengenai Rangkaian Kegiatan Umroh

Written By Unknown on Rabu, 03 April 2013 | 02.20

Sekilas mengenai Rangkaian Kegiatan Ibadah Umroh

Banyak sekali Paket umrah yang ditawarkan oleh Biro penyelenggara Travel Umroh di Indonesia. ada Paket Umrah Reguler, Paket Umrah Plus, Umroh Eksklusif, Umrah Plus Turki dan masih banyak Paket lainnya yang menawarkan berbagai fasilitas. Namun pemahaman dasar yang wajib diketahui oleh setiap calon jamaah umrah adalah Rangkaian kegiatan Umrah. karena inilah yang merupakan kegiatan wajib dalam ibadah Umrah.

Berikut ini adalah Rangkaian Kegiatan Umroh :

  1. Diawali dengan mandi besar (janabah) sebelum ihram untuk umrah.
  2. mengenakan pakaian ihram. Untuk lelaki 2 kain yang dijadikan sarung dan selendang, sedangkan untuk wanita memakai pakaian apa saja yang menutup aurat tanpa ada hiasannya dan tidak memakai cadar atau sarung tangan.
  3. Niat umrah dalam hati dan mengucapkan Labbaika ‘umrotan atau Labbaikallahumma bi`umrotin. Kemudian bertalbiyah dengan dikeraskan suaranya bagi laki-laki dan cukup dengan suara yang didengar orang yang ada di sampingnya bagi wanita, yaitu mengucapkan Labbaikallahumma labbaik labbaika laa syarika laka labbaik. Innal hamda wan ni`mata laka wal mulk laa syarika laka.
  4. Sesampai Masjidil Haram menuju ka`bah, lakukan thawaf sebanyak 7 kali putaran.3 putaran pertama jalan cepat dan sisanya jalan biasa. Thowaf diawali dan diakhiri di hajar aswad dan ka`bah dijadikan berada di sebelah kiri. Setiap putaran menuju hajar aswad sambil menyentuhnya dengan tangan kanan dan menciumnya jika mampu dan mengucapkan Bismillahi wallahu akbar. Jika tidak bisa menyentuh dan menciumya, maka cukup memberi isyarat dan berkata Allahu akbar.
  5. Shalat 2 raka`at di belakang maqam Ibrahim jika bisa atau di tempat lainnya di masjidil haram dengan membaca surat Al-Kafirun pada raka`at pertama dan Al-Ikhlas pada raka`at kedua.
  6. Selanjutnya Sa`i dengan naik ke bukit Shofa dan menghadap kiblat sambil mengangkat kedua tangan dan mengucapkan Innash shofa wal marwata min sya`aairillah. Abda`u bima bada`allahu bihi (Aku memulai dengan apa yang Allah memulainya). Kemudian bertakbir 3 kali tanpa memberi isyarat dan mengucapkan Laa ilaha illallahu wahdahu laa syarika lahu. Lahul mulku wa lahul hamdu wahuwa ‘alaa kulli syai`in qodiir. Laa ilaha illallahu wahdahu anjaza wa`dahu wa shodaqo ‘abdahu wa hazamal ahzaaba wahdahu 3x. Kemudian berdoa sekehendaknya. Sa`i dilakukan sebanyak 7 kali dengan hitungan berangkat satu kali dan kembalinya dihitung satu kali, diawali di bukit Shofa dan diakhiri di bukit Marwah.
  7. Mencukur rambut kepala bagi lelaki dan memotongnya sebatas ujung jari bagi wanita.
  8. Ibadah Umroh selesai

Ternyata mudah dan simple penjelasan TravelHajiKhusus mengenai Rangkaian Kegiatan Umroh. Yuk segera Daftar Umrah saat ini juga.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts